Manfaat Daun Sirsak


Manfaat Daun Sirsak

Manfaat Daun Sirsak
 Daun Sirsak

Siapa yang tidak kenal dengan buah sirsak? Pastinya buah ini tidak asing lagi bagi kita. Sirsak sangat banyak kita temui di sekitar kita, buah sirsak dibudidayakan karena manfaatnya bagi kesehatan. Selain buahnya yang bermanfaat ternyata daun sirsak jaga memiliki segudang manfaat yang belum banyak di ketahui. Anda pasti penasaran bukan?. Berikut adalah manfaat daun sirsak bagi kesehatan.

a. Mencegah Diabetes

      Daun sirsak mengandung Lipid yang mampu menetralkan kadar gula dalam tubuh sehingga mendekati normal, yakni 70-120 mg. Jadi bagi pengidap penyakit diabetes bisa mengonsumsi daun sirsak secara rutin dan teratur. Biasanya daun sirsak sudah diolah dan diekstrak menjadi obat herbal, namun bagi anda yang tidak sempat untuk membeli herbal tersebut anda bisa membuatnya sendiri. Berikut cara pengolahannya.
1. Rebus air sebanyak kurang lebih 3 gelas.
2. Setelah air menjadi hangat masukkan 5 helai daun sirsak yang sudah dicuci bersih.
3. Tunggu hingga air rebusan tadi menyusut menjadi 1 gelas saja.
4. Saring dan konsumsilah airnya secara rutin tiap hari pagi dan sore.

b. Asam Urat

     Anda suka makan jeroan sapi atau hidangan laut? tapi jika terlalu banyak mengonsumsinya akan menyebabkan asam urat. Untuk itu anda perlu mengonsumsi daun sirsak. Dengan pengolahan sebagai berikut.
1. Rebus 5 lembar daun sirsak
2. Tunggu hingga mendidih sampai air berkurang kira-kira menjadi 1 gelas.
3. Dinginkan dan minum, lakukan ini 3 kali sehari secara rutin.

c. Sakit Pinggang

     Sakit punggung biasanya dialami oleh lansia, namun pada zaman sekarang ini sakit punggung juga dialami oleh remaja serta orang-orang yang sering berolahraga. Untuk itu sakit punggung dapat diobati dengan mengonsumsi daun sirsak. Caranya adalah dengan merebus 20 helai daun sirsak kedalam 5 gelas air, rebus sampai mendidih sampai hanya tersisa lebih kurang 3 gelas lalu minum secara rutin dan teratur.

d. Bisulan

      Bisul adalah benjolan merah pada kulit yang terasa sakit dan berisi nanah. Benjolan ini muncul akibat infeksi bakteri yang memicu inflamasi pada folikel rambut, yaitu lubang tempat rambut tumbuh. Untuk mengobatinya dapat mengolah daun sirsak dengan cara menghaluskan daun sirsak kemudian dioleskan pada bagian yang tumbuh bisul. Disarankan gunakan daun sirsak sebanyak 5-10 helai.

e. Untuk Obat Ginjal

      Anti oksidan yang terdapat pada daun sirsak dapat digunakan suplemen untuk merawat bagian organ ginjal  dan dapat juga dimanfaatkan sebagai obat radang ginjal.

fMeningkatkan kekebalan tubuh dan mengobati infeksi

      Caranya dengan mencuci, menyobek, dan menyeduh 4-5 helai daun sirsak dengan 4 gelas air hingga menyisakan 1 gelas air rebusan daun sirsak. Lalu, minum air rebusan tersebut.

g. Mengobati Asma

      Pengolahan sangat sederhana yaitu, dengan mencuci, menyobek, dan menyeduh 7 lembar daun sirsak yang dibuat sarang oleh semut rangrang. Setelah itu, minum air rebusan tersebut.

h. Memperkuat Saraf 

     Daun sirsak dapat menguatkan saraf-saraf pada tubuh manusia agar mampu bekerja dengan baik. Karena kemampuannya tersebut, daun sirsak ini bahkan bisa digunakan untuk menjadi obat anti kejan.

i. Melancarkan Pencernaan

    Masalah pencernaan seperti sembelit dapat diatasi dengan mengomsumi air rebusan daun sirsak agar BAB anda lancar. Selain itu, mengonsumsi ekstrak daun sirsak dapat menambah nafsu makan.

j. Menyehatkan/mengobati Jantung

    Daun sirsak mengandung zat acetogenins, annocatalin, annpcatacin, annohexocin, annomuricin, annonacin yang mana semua zat tersebut dapat mengobati penyakit jantung koroner dan mampu melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Untuk menyehatkan jantung sendiri anda dapat mengonsumsi air rebusan daun sirsak secara rutin sehari sekali.

Demikian lah manfaat daun sirsak, namun saya rasa anda perlu mengetahui efek samping dari mengkonsumsi daun sirsak secara berlebihan, dan berikutlah efek sampingnya:

1. Dehidrasi
2. Gangguan asam lambung
3. Tubuh tidak nyaman
4. Berkeringat secara berlebihan
5. Tubuh panas dan lemas



 

 
      

 

0 Response to "Manfaat Daun Sirsak"

Posting Komentar